Keris, cara pembuatan keris dan lingkunganya. Macam-macam keris . Proses Pembuatan Keris. KRT. Empu Subandi Supaningrat

Sesaji.
Penghantar doa, agar Yang Maha Kuasa dan seluruh alam semesta memberikan restu. Agarempu dapat menumbuhkan daya cipta untuk menghasilkan keris yang baik. Di lain pihak, empu serta para sabatnya agar tenang mecurahkan tenaganya, menumbuhkan hati teguh, diberi rasa sabar, berhati-hati agar berkarya dengan tenang sehingga keris yang indah
Masuh. 
Masuh adalah cara membersihkan besi dari kotorannya dengan cara ditempa berulang-ulang. Kotoran akan keluar melalui percikan api.Tanda-tanda besi sudah bersih, tak mengeluarkan percikan api dan bersuara lunak.
Menipiskan pamor.
 Pamor meteor Siderits berbentuk bongkahanharus dijadikan pamor meteor dari Gibeon Nanibia ditipiskan untuk dibentuk menjadi lempengan agar mudah disisipkan kedalam dua logam besi yang telah diwasuh
Membuat Kodokan Keris.
Membuat lapisan pamor dengan bentuk pendek siap bila dijadikan menjadi calon keris
Pasang pamor.
Pasang pamor adalah menjepit lempengan pamor diapit dengan dua besi wasuhan. Kemudian disatukan dengan ditempa sehingga terjadi lapisan berberselang-seling antara besi dan pamor. Satu lapisan pamor disebut satu wit pamor yang baik dibuat dengan minimal 32 wit sampai ratusan bahkan ribuan wit.
Membuat wilahan.
Memasang besi pada kedua sisi luar sehingga baja terjepit di tengah kemudian dipanjangkan membentuk calon keris.


Ngeluk.
Badan keris biasanya dibuat lurus atau luk bila akan membuat keris luk atau kelok-kelok harus melewati proses membuat luk. Ngeluk yaitu proses pembuatan luk, pada keris luk biasanya berjumlah ganjil. Umumnya keris dibuat mulai luk tiga sampai tiga belas








Nyepuh.
Nyepuh (hardening) mengeraskan besi dengan pendinginan mendadak. Keris dibakar sehingga berwarna merah mendekati kuning, kemudian dicelupkan pada minyak, keris menjadi sangat kuat dan keras.

Kinatah.
Kinatah ,memberikan ragam hias pada bilah dilapisi emas dengan motif tertentu. Biasanya berupa hewan dan tumbuh-tumbuhan seperti gajah, singa, kuda, naga, atau berupa manusia, wayang, juga mantera tertentu.







Marangi.
Marangi adalah memunculkan pamor keris, dengan cairan yang dibuat dari warangan atau arsenikum, dicampur dengan air jeruk nipis. Bila keris terkena warangan, akan membentuk lapisan hitam pada besi, sedangkan nikel tak bereaksi terhadap cairan sehingga tetap putih. Bilah keris timbul guratan putih berbetuk semacam pola tertentu. seperti beras wutah, largangsir,roning genduru, udan emas dan lain sebagainya.  


Sumber :
-Documen Dwi  Puji Winanto S.sn.
-Lingkungan RT. Empu Subandi Supaningrat.

0 Response to "Keris, cara pembuatan keris dan lingkunganya. Macam-macam keris . Proses Pembuatan Keris. KRT. Empu Subandi Supaningrat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel