PENTINGNYA fungsi KIPAS pada LAPTOP, KOMPUTER (CPU), dan MESIN MOBIL.

PENTINGNYA fungsi KIPAS pada LAPTOP, KOMPUTER (CPU), dan MESIN MOBIL. 
Fungsi kipas angin pada umumnya menciptakan angin buatan, yang merupakan efek dari berputarnya kipas. Dalam kehidupan sehari- hari kipas merupakan salah satu kelengkapan rumah tangga, karena kipas angin merupakan peralatan elktronik yang memang sangt dibutuhkan untuk masyarakat umum di Indonesia, bukan tidak penting melainkan mengingat suhu di negara Indonesia, merupakan negara tropis yang berada di garis khatulistiwa yang memang saat musim kering Indonesia mengalami perubahan iklim dari temperatur suhu, bisa mencapai suhu diatas 27 drajat Celcius. Termasuk negara yang mempunyai suhu yang sangat panas. Maka diperlukan kipas untuk membuat hawa dingin.
Tidak beda jauh dengan mesin laptop, ataupun kendaran roda empat atau mobil-mobil besar tronton ataupun truk dam-dam kar😋, kipas sangatlah diperlukan untuk keperluan mendinginkan suhu mesin mobil, yang biasanya berdekatan disebuah alat yaitu radiator. Karena untuk memcegah mesin panas berlebihan (over heat), yang bisa menyebabkan mesin mogok karena seker ngancing ataupun radiator meledak, karena didalam radiator mobil merupakan komponen alumunium yang dialiri air, dimana air bisa mendidih karena efek dari kipas mati, lalu mesin menjadi panas, menyebabkan air mendidih lalu menciptakan uap panas dimana bisa memenuhi ruang radiator, bisa menciptakan ledakan mengakibatkan radiator pecah.
Fungsi kipas pada laptop adalah membuang hawa panas yang brada pada area motherboard, dan hawa panas yang dihasilkan oleh kinerja hardisk, dan kinerja prosesor yang tergantung  pengguna laptop itu sendiri dalam melakukan kegiatan, entah mengetik, memutar video, internet, editing video dll. Maka sangatlah penting anda mengecek kipas yang biasanya disematkan pada laptop ataupun cpu, karena apabila kipas mati atau rusak sangat berpengaruh pada kinerja laptop ataupun pc anda.

Efek dari kipas mati ini adalah laptop menjadi lemot bahkan hang atau macet, karena mesin laptop mengalami panas yang berlebihan atau biasa disebut overheat. Karena suhu panas bisa berpengaruh pada daya tahan komponen bahkan bisa merusak komponen-komponen laptop, ini bisa berakibat melelehnya casing/body yang terbuat dari bahan plastik. Untuk itu cek apabila mati segeralah memasag kipas laptop tambahan ataupun mengantinya.
Saya sarankan untuk laptop yang tersemat kipas didalamnya segera diganti sesuai model kipas dari vendor penyedia. Karena biasanya kipas bawaan laptop mempunyai switch otomatis, dimana kipas tersebut akan berputar sesuai kebutuhan laptop, biasanya kipas berputar saat laptop meleibihi suhu ideal laptop. Laptop mempunyai suhu ideal diantara 27 celsius - 47 celsius. Bila melebihi dari itu segera cek kondisi kipas laptop anda dan juga komponen-komponen yang terkait.

Anda bisa cek dan menggantinya pada jasa servis komputer dan laptop karena biasanya pada jasa servis sudah tersedia alat-alat yang dibutuhkan. 
Untuk penanganan pertama bila terjadi overheat, segera save file-file ya sedang anda kerjakan, lalu shutdown Laptop atau Pc anda.
Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. 

0 Response to "PENTINGNYA fungsi KIPAS pada LAPTOP, KOMPUTER (CPU), dan MESIN MOBIL. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel